Buku Bahasa Indonesia Kelas Xi (11) Sma Ma Smk Mak Kurikulum 2013

Berikut ini yaitu berkas Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013. Download file format .pdf. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Bahasa Indonesia Kelas XI  Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013
Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013

Keterangan:

Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 menyadari tugas penting bahasa sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran secara estetis dan logis. Pada satu saat, bahasa tidak dituntut sanggup mengekspresikan sesuatu dengan efisien alasannya ingin menyampaikannya dengan indah sehingga bisa menggugah perasaan penerimanya. Pada ketika yang lain, bahasa dituntut efisen dalam memberikan gagasan secara objektif dan logis supaya sanggup dicerna dengan gampang oleh penerimanya. Dua pendekatan mengekspresikan dua dimensi diri, perasaan dan pemikiran, melalui bahasa perlu diberikan berimbang.

Sejalan dengan tugas di atas, pembelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang Pendidikan Menengah Kelas XI yang disajikan dalam buku ini disusun dengan berbasis teks, baik mulut maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Didalamnya dijelaskan banyak sekali cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam banyak sekali macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan penyampaiannya tercapai, apakah untuk menggugah perasaan ataukah untuk memperlihatkan pemahaman.

Sebagai bab dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibuat melalui pembelajaran berkelanjutan: dimulai dengan meningkatkan pengetahuan ihwal jenis, kaidah dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan mulut baik bersiklus maupun spontan, dan bermuara pada pembentukan perilaku kesantunan dan kejelian berbahasa serta perilaku penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai warisan budaya bangsa.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan acara pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Pendekatan teks dan sains terpadu sangat sangat apik dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehabis Kurikulum 2013 menetapkan kebijakan menguatkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam pendidikan sekolah se¬bagai penghela dan pembawa ilmu pengetahuan. Dalam kerangka Kurikulum 2013, kekuatan bahasa Indonesia dirancang pengembangan dan pembinaannya di sekolah melalui proses pembelajaran berbasis teks. Dengan berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi sosial dan tujuan tertentu untuk menjadi sumber aktualisasi diri dan membuatkan acara ilmiah atau saintifik.

Sebagai sumber aktualisasi diri, bahasa Indonesia yang diajarkan dengan berbasis teks—baik mulut maupun tulis—menguatkan jatidiri peserta didik untuk bersikap spiritual menerima, menghargai, dan menghayati keberadaan bahasa kebangsaan Indonesia yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa. Pada ketika yang sama, penguatan jatidiri itu memantapkan perilaku sosial peserta didik untuk berakhlak mulia serta bertanggung jawab atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai identitas diri negara kesatuan Republik Indonesia. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, di kalangan peserta didik, tumbuh perilaku tangg jawab, setia, dan besar hati aka keberadaan bahasa Indonesia di tengah lingkungan pergaulan dunia global.

Sementara itu, sebagai sumber pengembangan acara ilmiah atau saintifik, proses pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis teks tersebut ditempuh melalui tahapan acara peserta didik yang bersistem, yaitu tahap pembangunan konteks dan pemodelan teks, kolaborasi membangun teks, serta kerja berdikari membuat teks yang sesuai dengan teks model. Semua tahapan pembelajaran teks itu, selain terarah dan terukur, juga dilakukan secara terkendali oleh pendidik atau pembelajar melalui acara evaluasi/penilaian autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Tanpa adanya data yang diperoleh oleh peserta didik, proses pembelajaran bahasa Indonesia itu tidak akan menghasilkan teks yang diciptakan secara bahu-membahu atau mandiri. Untuk menghasilkan teks yang diharapkan, acara berguru haruslah berawal dengan pengamatan terhadap tanda-tanda alam atau sosial yang menjadi objek pembelajaran teks dan berlajut dengan tahap mempersoalkan atau mempertanyakan keberadaan tanda-tanda yang diamati tersebut. Kemudian, pengumpulan informasi/data mengenai tanda-tanda itu diteruskan dengan analisis keterhubungan antarfakta sehingga tanda-tanda atau fenomena yang dipelajari itu sanggup disajikan dan dilaporkan dalam bentuk teks yang sesuai dengan tujuan komunikasi berbahasa Indonesia.

Proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, sebagaimana impian Kurikulum 2013, bermaksud membuatkan dan membina eksklusif peserta didik semoga mempunyai kemampuan berpikir empiris dan kritis serta tindakan yang produktif dan kreatif dalam ranah komunikasi berbahasa Indonesia.

Materi pada Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 ini antara lain:

PELAJARAN 1
MENEMUKAN SOLUSI ATAS MASALAH KEWIRAUSAHAAN
Kegiatan 1
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Tugas I Membaca Teks Cerpen “Juru Masak”
Tugas 2 Membedah Struktur Teks Cerpen “Juru Masak”
Tugas 3 Memahami Kaidah Kebahasaan Teks Cerpen “Juru Masak”
Tugas 4 Menginterpretasi Makna Teks “Juru Masak”
Kegiatan 2
Kerja Sama Membangun Teks Cerita Pendek
Tugas 1 Memahami Karakter Cerpen “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina”
Tugas 2 Menelaah Proses Kreatif Menulis Cerpen “Perihal Orang Miskin yang Bahagia”
Tugas 3 Mengurai Peristiwa pada Cerpen “Paing”
Kegiatan 3
Kerja Mandiri Membangun Teks Cerita Pendek
Tugas 1 Menginterpretasi Isi Teks Cerpen “Banun”
Tugas 2 Mengabstraksi dan Mengonversi Teks Cerita Pendek
Tugas 3 Memproduksi Teks Cerita Pendek

PELAJARAN 2
MENAMBAH CITA RASA BAHASA MELALUI SENI BERPANTUN
Kegiatan 1
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Pantun
Tugas 1 Memahami Struktur Teks Pantun
Tugas 2 Mengeksplorasi Struktur Teks Pantun
Tugas 3 Memahami Kaidah Kebahasaan dalam Teks Pantun
Tugas 4 Menginterpretasi Makna Teks Pantun
Kegiatan 2
Kerja Sama Membangun Teks Pantun
Tugas 1 Menganalisis Isi Teks Pantun
Tugas 2 Mengevaluasi Teks Pantun
Tugas 3 Menata Struktur Teks Pantun
Kegiatan 3
Kerja Mandiri Membangun Teks Pantun
Tugas 1 Membandingkan Teks Pantun dengan Teks Sejenis
Tugas 2 Mengabstraksi Teks Sajak
Tugas 3 Menyunting Teks Pantun
Tugas 4 Memproduksi Teks Pantun

PELAJARAN 3
MEMBANGKITKAN INGATAN TENTANG TOKOH DUNIA
Kegiatan 1
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Ulang Biografi
Tugas 1 Memahami Struktur Teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”
Tugas 2 Memahami Kaidah Kebahasaan dalam Teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”
Tugas 3 Menginterpretasi Makna Teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”
Kegiatan 2
Kerja Sama Membangun Teks Cerita Ulang Biografi
Tugas 1 Membandingkan Teks “Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia” dengan Teks “John F. Kennedy: Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu”
Tugas 2 Menganalisis Isi Teks “Diana: Putri di Hati Rakyat”
Tugas 3 Mengevaluasi Teks “Diana: Putri di Hati Rakyat”
Tugas 4 Menginterpretasi Makna Teks “Khahlil Gibran”
Kegiatan 3
Kerja Mandiri Membangun Teks Cerita Ulang Biografi
Tugas 1 Mengabstraksi Teks “Pele”
Tugas 2 Menyunting Teks “Pele”
Tugas 3 Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri

Selengkapnya silahkan lihat dan download berkas Buku Bahasa Indonesia Kelas XI (11) Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.

Download File:
Download Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK K13.pdf

Lihat juga:
Buku Guru dan Buku Siswa Sekolah Menengan Atas Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 (Lengkap) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Tata Kelola Blud Smk Berbasis Good School Governance

Pendaftaran Ppg Prajabatan Tahun 2020

Buku Turbulensi Pendidikan Vokasi Di Abad Disrupsi 4.0